Page View

Rabu, 25 Juli 2012

Tentang Spanduk Persahabatan

Persahabatan antar suporter sebenarnya bukanlah hal yang ganjil di sepakbola, ada banyak contohnya diantara persahabatan (gamelagio) yang paling terkenal di dunia yaitu antara fans Inter dan Lazio di liga Italia.

Persahabatan suporter memiliki peran yang cukup vital untuk meredam bentrokan di sepakbola, terlebih untuk negara dimana penonton sepakbola didominasi para remaja dan masih sering menimbulkan korban seperti di Indonesia, persahabatan suporter menjadi suatu hal yang diidam-idamkan untuk meminimalisir bentrokan saat didalam maupun diluar pertandingan.

Ada banyak cara untuk menunjukkan dan memupuk jalinan persahabatan antar suporter, diantara cara-cara itu salah satunya adalah dengan spanduk persahabatan.

Spanduk persahabatan Bonek untuk Pasoepati tahun 2012


Musim ini berapa kali Pasoepati membuat spanduk persahabatan untuk suporter lain? dan berapa kali Pasoepati dibuatkan spanduk oleh suporter lain?


Spanduk persahabatan suporter, Sebenarnya gampang untuk dibuat tapi agak susah untuk dilakukan, apalagi untuk suporter yang merasa hubungannya sudah sangat dekat dan apalagi-maaf kalau sudah merasa besar, spanduk persahabatan seakan gengsi untuk dibuat.

Padahal adanya spanduk persahabatan yang biasanya terbentang saat jeda pertandingan ini bisa jadi akan selalu diingat kedua belah suporter, pun karena bentuknya yang mudah terdokumentasi, sewaktu kedua belah pihak suporter ada kesalahpahaman atau gesekan, spanduk persahabatan jelas bisa jadi tanda bahwa sejatinya mereka adalah bersahabat.

Dari sanalah kemudian terbersit ide bagaimana jika setiap suporter yang sedang tour away dibudayakan membawa spanduk persahabatan agar kemudian disimpan oleh suporter tuan rumah, begitu berlaku bergantian. Karena dari suporter yang "lebih muda" spanduk persahabatan menunjukan respect, sementara dari suporter yang "lebih berumur" tentu akan menjaga mereka agar tetap rendah hati..

Mungkin memang spanduk persahabatan ini hanyalah salah satu cara kecil menuju dan menjaga perdamaian, karena tentu setelahnya diperlukan peran ketulusan dan kedewasaan dari kedua belah pihak suporter, namun sebuah hal positif tidak pernah ada salahnya untuk coba dilakukan.

Satu langkah kecil pun akan berarti untuk mewujudkan perdamaian suporter.. jangan pernah malu untuk memproklamirkan diri sebagai suporter cinta damai, karena tidak ada rugi dari yang namanya bersahabat, pun tidak ada rivalitas yang tergadai karenanya.. lagipula bukankah salah satu ciri keindahan sepakbola adalah saat ia mampu menyambung hal yang berbeda-beda menjadi suatu jalinan yang harmonis?


Jadi ayo Pasoepati jangan ragu tunjukkan spanduk persahabatanmu.. pada siapapun.. Salam Damai suporter Indonesia!!




gagal dimuat di artikel pembaca Pasoepati.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Post Per Month